Minggu, 19 Desember 2010

Pembuatan Martabak

MARTABAK MANIS
Di bawah ini resep untuk hanya 2 martabak ukuran 20 cm, jadi bila ingin membuat lebih dikalikan saja ya .... Dan jangan lupa untuk menggunakan penggorengan anti lengket.


Bahan-bahan:
- 125 gram Tepung self-raising (tampaknya tepung ini itu sama dengan tepung biasa ditambah backing powder !!)
- 50 gram gula
- 1 telur
- 1 sdt garam
- 250 ml susu hangat yang dicampur dengan ragi (Hefe) 2,5 gram
- 1/4 sdt baking soda (bagi yang tinggal di Jerman bisa beli di Kaiser namanya Kaiser Natron)

Langkah:
- Tepung dicampur dengan gula, lalu masukkan telor di campuran itu kemudian kocok pakai kocokan tangan saja
- Masukkan sedikit demi sedikit susu hangat yang sudah dicampur dengan ragi.

- Kemudian campur semuanya dan masukkan baking soda.

- Biarkan 2 jam-an di tempat hangat dan tutupi dengan lap katanya sih supaya mengembang tapi saya tidak bisa melihat perkembangannya :-)

- Nah .... menurut saya paling sulit itu di cara menggorengnya, seperti perkiraan saya kegagalan pertama saya karena penggorengan terlalu cepat ditutup.

- Minyaki penggorengan dengan memakai tissue dapur lalu panaskan penggorengan (kompor saya mempunyai 6 tingkatan panas, untuk memanaskan penggorengan putar di 2,5, karena memang bila kurang panas lubang-lubang di adonan bisa tidak muncul, tapi kalau terlalu panas nanti martabak bagian bawahnya terlalu hitam)

- Setelah terasa penggorengan panas masukkan adonan dan langsung saya kecilkan apinya ke nomor 2, ketika terlihat gelembung-gelembung keluar saya kecilkan ke nomor 1,5 dan tutuplah penggorengannya.

- Setelah kelihatan hampir matang masukkanlah topping yang diinginkan.

- Saya tadi membuat isi kacang dengan gula dan keju dan susu kental manis.

- Setelah itu kecilkan lagi api ke 1 dan tunggu hingga terlihat sudah matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar